Selasa, 04 Mei 2010

TINGKATAN MANUSIA DALAM SHALAT

Manusia dalam hal shalat dibagi menjadi lima tingkatan, yaitu:
Pertama: ini adalah tingkatan yang paling rendah dalam shalat, yaitu dalam menjalankan shalat orang itu menjalaninya dengan terpaksa. Biasanya dalam wudhu, waktu shalat, dan rukun-rukunya tidak lengkap.
Kedua: tingkatan orang yang menjaga shalat dari wudhunya, waktunya yang tidak mepet, dan rukun-rukun dalam shalatnya. Akan tetapi kurang dalam berkonsentrasi untuk sungguh-sungguh menegakkan shalat.
Ketiga: adalah tingkatan orang yang menjaga kekhusyukan shalatnya. Meskipun demikian dalam tingkatan ini orang tersebut akan sibuk untuk berkonsentrasi dalam shalatnya supaya tidak dicuri oleh setan yang terkutuk.
Keempat: ini merupakan tingkatan yang mendekati sempurna seperti pada tingkatan sebelumnya (ketiga). Orang pada tingkatan ini semua keinginannya dicurahkan dalam shalatnya. Hatinya telah tenggelam dalam menjaga dan menjalankan shalat.
Kelima: semoga kita mampu berada di tingkatan ini, yaitu tingakatan yang sempurna. Orang yang mendirikan shalat seperti di atas, akan tetapi hatinya sepenuhnya diletakkan kepada sang Pencipta Allah swt. Karena seakan-akan dia bertemu dengan Allah. Tidak terlintas di hatinya perasaan was-was dan mempersembahkan jiwa dan raganya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.

Label:


Komentar: Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]